Nasi Tumpeng

Pesan Nasi Tumpeng, Tersedia Tumpeng Komplit dan Nasi Tumpeng Mini

Secara simbolik, bentuk kerucut nasi tumpeng kerap dikaitkan dengan keberadaan gunung berapi yang melingkari Nusantara.

nasi campur bali warung mabua enak lezat dan nikmat

Beberapa pakar sejarah juga meyakini penampakan tumpeng yang mengerucut ke atas merupakan perwujudan rasa syukur manusia kepada Tuhan yang Maha Esa. Ada pula sumber yang menyebutkan penamaan tumpeng berasal dari akronim istilah Jawa yang berbunyi yen metu kudu mempeng atau jika dialihbahasakan berarti, “ketika mengerjakan sesuatu harus bersungguh-sungguh.”

Ketika disajikan, nasi tumpeng dikelilingi 7 macam lauk pauk seperti kering tempe, kering kentang, telur dadar iris, sambal, suwir ayam, sambal goreng ati ampela dan mentimun.

Angka 7 sendiri secara simbolik merepresentasikan sebuah pertolongan (pitulungan) dalam keyakinan masyarakat Jawa yang menyiratkan rasa syukur sekaligus permohonan kepada Tuhan semesta alam.

Tujuh lauk pauk yang menjadi bahan pelengkap masakan tradisional ini memiliki andil besar meningkatkan kelezatan tumpeng. Bagaimana ketujuh lauk pauk ini menyempurnakan cita rasa tumpeng? Yuk simak satu per satu keunggulan 7 bahan pelengkap tumpeng tersebut.

Kering kentang

Kering kentang merupakan salah satu bahan pelengkap wajib yang umumnya ditemukan dalam tumpeng. Meski sama-sama berwujud asupan karbohidrat, kering kentang yang diolah menggunakan bahan dasar potongan kentang, teri medan, bawang merah, bawang putih, cabai merah, gula aren dan minyak kelapa ini memiliki cita rasa gurih, renyah, pedas dan manis. Sehingga, tumpeng yang disantap hanya bertemankan kering kentang pun rasanya tetap lezat dan mengenyangkan. 

Kering tempe

Kering tempe merupakan bahan pelengkap lainnya yang jamak ditemukan dalam tumpeng. Diolah menggunakan potongan tempe, gula, lengkuas, asam jawa dan cabai, kering tempe menambah kekayaan cita rasa menu tumpeng.

Sambal

Item lain yang melengkapi kelezatan tumpeng yaitu sambal. Cita rasa bahan satu ini menambah lini gedor departemen rasa tumpeng.

Ayam goreng bumbu kuning

Diolah menggunakan ayam potong dengan campuran rempah seperti daun salam, daun jeruk purut, batang serai, bawang putih, bawang merah, kunyit, kemiri, ketumbar dan jahe, ayam goreng bumbu kuning menambah paripurna kelezatan nasi tumpeng.

Perkedel

Selanjutnya, bahan pelengkap lain yang umum ditemukan dalam tumpeng yaitu perkedel. Olahan kentang yang dapat dicampur bersama daging ayam, telur, sayur maupun tahu ini membuat cita rasa menu tumpeng kian istimewa. Terlebih jika perkedel diolah menggunakan potongan seledri yang menambah harum aromanya.

Sambal goreng hati dan ampela

Berbahan dasar hati dan ampela ayam yang digoreng terlebih dahulu kemudian dicampur dengan potongan kentang, daun jeruk, daun salam, serai, bawang putih, bawang merah, cabai merah dan terasi, sambal goreng hati dan ampela menjadi salah satu bahan pelengkap tumpeng yang sayang untuk dilewatkan.

Telur dadar iris

Bahan pelengkap tumpeng yang wajib ada lainnya yaitu telur dadar iris. Olahan telur yang diiris tipis ini menambah kelezatan tumpeng.

Potongan timun

Untuk mengurangi kadar kolesterol yang terdapat dalam sajian tumpeng, potongan timun hadir sekaligus menjadi bahan pelengkap yang menambah kesegaran tumpeng.

Cara menghias nasi tumpeng

Tak hanya lauk pelengkap nasi tumpeng yang membuat menu ini istimewa. Cara menghias tumpeng pun menunjang daya tarik menu masakan ini. Lantas, bagaimana cara menghias tumpeng secara umum?

  • Sebelum menyajikan tumpeng, penting untuk terlebih dahulu menyiapkan alas berupa nampan berbahan dasar bambu dan dilapisi daun pisang
  • Selanjutnya susun nasi kuning menggunakan cetakan berbentuk kerucut. Letakkan nasi kuning di bagian tengah nampan
  • Letakkan lauk di sekitarnya secara melingkar dengan rapi
  • Anda pun dapat menggunakan potongan tomat dan cabai menyerupai bunga aster maupun gurita untuk menambah aksen tampilan tumpeng
  • Sajikan tumpeng dengan berbagai kreasi hiasan sesuai selera Anda

Mengenal ragam nasi tumpeng sesuai perayaannya

Beda perayaan, beda pula nasi tumpeng yang disajikan.Secara tradisi, tumpeng terbagi atas beberapa jenis, antara lain:

Tumpeng robyong

Tumpeng robyong umumnya disajikan dalam upacara siraman dalam pernikahan adat Jawa. Tumpeng ini disajikan di dalam bakul berisikan bermacam sayuran. Sementara itu, pada bagian puncak tumpeng robyong, diletakkan telur ayam, terasi, bawang merah dan cabai.

Tumpeng pungkur

Menggunakan nasi putih sebagai tema utamanya, tumpeng pungkur dikelilingi berbagai macam sayuran. Tumpeng ini umumnya disajikan pada saat kematian seorang wanita atau pria lajang. Saat disajikan, tumpeng pungkur dipotong secara vertikal dan diletakkan saling membelakangi.

Tumpeng putih

Warna putih pada nasi putih yang digunakan sebagai tema utama tumpeng ini merupakan perlambang kesucian dalam kepercayaan Jawa. tumpeng putih umumnya disajikan pada acara yang bersifat sakral.

Tumpeng kuning

Dalam tradisi Jawa, warna kuning merepresentasikan kekayaan dan moral yang luhur. tumpeng kuning umumnya disajikan pada perayaan kebahagiaan seperti merayakan kelahiran, pernikahan, tunangan, dan lainnya.

Tumpeng uduk

Tumpeng uduk atau tumpeng tasyakuran umumnya disajikan untuk peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Alasan nasi tumpeng dipilih untuk berbagai acara

Ada beberapa alasan mengapa banyak orang memilih nasi tumpeng sebagai menu utama acara intim maupun resmi. Antara lain:

Praktis untuk dikonsumsi

Bentuk nasi tumpeng dan kelengkapan lauk yang disajikan membuat banyak orang memilih tumpeng sebagai menu utama di acara intim maupun resmi.

Dengan hanya menyediakan piring dan satu wadah makanan untuk menampung tumpeng, tamu-tamu Anda hanya perlu memotong tumpeng, dan mengambil lauk yang tersaji.

Hal ini tentu lebih praktis, karena Anda tak perlu repot menyediakan banyak wadah makanan seperti halnya ketika menggelar menu prasmanan.

Bisa jadi buah tangan

Selain itu, kepraktisan nasi tumpeng pun dapat membuat pemilik hajatan memotong tumpeng secara cepat dan efektif ke dalam kotak-kotak kecil menjadi buah tangan untuk tamu yang pulang maupun tetangga sekitar.

Fleksibel untuk bermacam acara

Keunggulan tumpeng lainnya yaitu sangat fleksibel digunakan untuk berbagai acara intim maupun resmi, sedih maupun bahagia.

Nasi tumpeng dapat digunakan untuk syukuran, acara kantor, peresmian gedung dan event, perayaan kelahiran, pernikahan, serta acara kematian.

Ada beragam pilihan lauk

Tak hanya itu, beragam pilihan lauk yang mengelilingi nasi tumpeng juga sangatlah variatif, sehingga selain praktis menu makanan ini tidak membuat bosan tamu hajatan.

Di beberapa catering, Anda bahkan dapat memilih menu lauk yang akan disajikan bersama tumpeng sesuai selera.

Porsi banyak 

Selain itu, nasi tumpeng juga bisa dipesan berdasarkan kapasitas tamu undangan lho. Umumnya, ketika memesan tumpeng dalam jumlah besar, katering akan memberikan potongan harga maupun porsi yang dilebihkan.

Menerimana pesanan nasi tumpeng untuk beragam acara

Nasi tumpeng merupakan salah satu jenis masakan yang paling umum disajikan untuk berbagai acara, dari resmi maupun intim, seperti syukuran, pesta ulang tahun maupun pagelaran acara lainnya.

Bukan hanya dikarenakan turun temurun digunakan masyarakat Indonesia, lengkapnya menu dan nutrisi yang tersaji di dalam tumpeng membuat tidak sedikit orang memilih sajian ini sebagai menu pengganjal perut yang sanggup mengakomodir massa dalam jumlah besar.

Tumpeng ulang tahun

Salah satu acara yang kerap menggunakan nasi tumpeng sebagai menu utama pengganjal perut bersama yakni pesta ulang tahun. Untuk membuat tumpeng ulang tahun pun tidaklah sulit, Anda hanya perlu menakar besaran nasi kuning dan lauk sesuai kapasitas tamu undangan. Menu lauk pelengkap tumpeng pun dapat dipilih sesuai selera Anda. 

Sementara itu, jika melakukan pemesanan melalui catering, Anda pun dapat memilih paket-paket tertentu yang sesuai dengan kapasitas perayaan ulang tahun Anda.

Nasi tumpeng syukuran dan selamatan

Nasi tumpeng ini disajikan pada syukuran kehamilan tujuh bulan. Berbahan dasar nasi putih yang dibentuk kerucut berukuran besar, tumpeng nujuh bulan dikelilingi enam buah tumpeng kecil lainnya. Umumnya tumpeng ini disajikan beralaskan daun.

Alasan memilih nasi tumpeng untuk sajian acara

Alih-alih menyediakan kue, ada beberapa alasan mengapa banyak orang memilih nasi tumpeng sebagai menu utama pesta ulang tahun. Di antaranya:

Lebih istimewa

Jika cake, kue dan brownies lazim dihidangkan dalam pesta ulang tahun, nasi tumpeng dapat membuat acara istimewa yang kamu siapkan menjadi kian spesial.

Untuk menambah keistimewaan acara pesta ulang tahun, Anda pun dapat menyajikan tumpeng bersama ornamen hiasan sesuai selera. 

Anda pun dapat menambahkan hiasan seperti ucapan selamat ulang tahun, stiker maupun foto yang menambah keistimewaan ulang tahun Anda.

Lintas usia

Tak hanya dapat disajikan untuk berbagai format acara, tumpeng juga dapat disajikan untuk acara lintas usia. Anda pun dapat menyajikan tumpeng untuk acara pesta ulang tahun anak.

Nah, sebab acara ini ditujukan untuk menambah keistimewaan perayaan ulang tahun si buah hati, Anda pun dapat melengkapi variasi lauk dari segi warna, isi dan tampilan sehingga lebih menggugah dan sedap dipandang.

Selain itu, Anda pun dapat menambahkan figur unik dan lucu lainnya seperti kartun, mobil dan objek lain yang disukai anak Anda.

Murah meriah

Dibandingkan kue ulang tahun yang hanya bisa disantap beberapa suap, dengan harga jual yang relatif mahal, tumpeng jelas menjadi alternatif menu makanan yang lebih bersahabat bagi kantong.

Sebab selain harganya lebih murah, tumpeng dapat mengakomodir tamu dalam jumlah besar. Jika Anda menyediakan tumpeng untuk pesta ulang tahun, orang tua anak yang turut hadir pun dapat bersama-sama menikmati hidangan tumpeng bersama anak mereka.

Tentu saja ini sangat menghemat budget pengeluaran Anda, tanpa harus menyiapkan kue dengan harga yang tidak murah.

Selain itu, tumpeng pun dapat dibungkus menjadi buah tangan bagi para tamu yang hendak membawa pulang makanan. Jauh lebih efisien bukan? Sebab Anda meminimalisir makanan terbuang dengan menyajikan tumpeng dalam pesta ulang tahun Anda.

Cara pesan nasi tumpeng di Dapur Patriot

Anda pun dapat memesan nasi tumpeng di Dapur Patriot. Dapur Patriot menghadirkan menu tumpeng yang dapat mendukung berbagai acara resmi maupun intim, tak terkecuali pesta ulang tahun.

Menu nasi tumpeng Dapur Patriot dihadirkan dalam berbagai pilihan harga, dari paket Tumpeng untuk 20 Porsi yang dibanderol seharga Rp 750.000, lalu paket Tumpeng untuk 30 Porsi seharga Rp 1.000.000 hingga paket Tumpeng untuk 40 Porsi seharga Rp 1.400.000.

Dapur Patriot dapat mengantarkan pesanan tumpeng ke seluruh wilayah JABODETABEK. Cara pesan nasi tumpeng Dapur Patriot pun sangatlah mudah. Anda hanya perlu menghubungi call center kami melalui situs web maupun nomor berikut ini: 0811-9003-006 dan 0811-9000-916.